Selamat Datang Di blog Saya yang Terbaru BonceliZme [dot] BlogSpot [dot] Com | Semoga blog ini bermanfaat Buat sobat semuanya

June 5, 2012

Lapisan Model OSI Jaringan (Layers OSI)



              Kali ini Boncel akan membahas tenteng Lapisan Model OSI Jaringan (Layers OSI), Bagi yang belum paham silahkan disimak ya... dan bagi yang sudah tahu dan paham mohon kritik sarannya., hehe., langsung aja disimak.
            
        Dalam menjelaskan lapisan-lapisan model OSI ini, penjelasan akan dimulai dari lapisan tertinggi (lapisan ketujuh) ke lapisan yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam praktek secara umum, pembahasan biasanya dimulai dari aplikasi-aplikasi, baru kemudian ke pembahasan topik-topik lainnya.

1Lapisan Application
        Lapisan ini merupakan lapisan ke-7 model OSI, bertugas memberikan sarana-sarana pelayanan pada jaringan komputer untuk aplikasi-aplikasi pemakaian dan pengadaan komunikasi dan program ke program.
Jika anda akan mencari suatu file dari file server untuk digunakan sebagai aplikasi pengolahan kata, maka anda mengirim e-mail, browse ke internet dan bulletin board, membuka Telnet session atau menjalankan FTT semua proses tersebut terjadi di lapisan aplikasi ini.

2.  Lapisan Presentation
 Lapisan ini merupakan lapisan ke-6 model OSI, bertanggung jawab untuk presentasi dan visual image. Lapisan ini memberikan sarana-sarana pelayanan untuk konversi, format, dan enkripsi data-data. Lapisann presentation bekerja dengan file format seperti ASCII, EBCDIC, JPEG, MPEG, TIFF, PICT, NIDI, DAN QuickTime.

3.  Lapisan Session
       Lapisan ini membuka, mengatur, dan menutup suatu session antara aplikasi-aplikasi. Protokol yang berfungsi pada lapisan ini antara lain adalah NFS, NETBEUI, RPC, SQL, X Windows System, Apple Talk Session Protokol (ASP), dan Digital Network Architecture Session Control Program (DNASCP).

4.  Lapisan Transport
Lapisan transport bertanggung jawab atas keutuhan dari tranmisi data. Lapisan ini sangat penting karena bertugas memisahkan lapisan atas dengan lapisan bawah. Pada lapisan ini data diubah menjadi segmen atau data stream.

5. Lapisan Netwok
      Lapisan network ini berfungsi meneruskan paket-paket dari satu node ke node lain dalam jaringan komputer. Lapisan ini juga berguna untuk pengaturan pemberian alamat untuk peralatan jaringan dan memilih jalur yang terbaik dalam meneruskan paket di jaringan. Pada lapisan ini segmen-segmen diubah menjadi paket-paket dengan menambah informasi mengenai alamat logika atau IP address yang dituju, dan alamat asal dari paket. Router bekerja pada lapisan ini.
Gabungan dari lapisan network dan lapisan transport ada kalanya disebut lapisan tengah model OSI.

6. Lapisan Data Link
      Lapisan ini mengatur topologi jaringan, error notification dan low control. Switc dan brigde bekerja dilapisan data-link ini. Lapisan ini mengolah paket dari lapisan diatasnya menjadi frame dengan menambah informasi mengenai alamat hardware atau MAC address yang dituju serta alamat asal.

7. Lapisan Physical
      Lapisan ini bertanggung jawab untuk mengaktifkan dan mengatur physical interface jaringan komputer. Pada lapisan ini hubungan antara interface-interface dari perangkat keras diatur seperti hubungan antara DTE dan DCE.

Segitu dulu sob.. semoga bermanfaat deh..
 
NB: Berbagai Sumber

0 comments:

Pasang Emoticon !

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...